Detail Berita

Seminar Nasional Budaya Madura IV, Launching Pojok Madura, dan Bedah Buku Lintasan Sejarah Madura

Highslide JS 7 November 2017 / AdminLPPM
Seminar Nasional Budaya Madura IV dan Launching Pojok Madura

APOL- KOMPOL SATARETANAN

 
Selamat pagi dan salam sejahtera bagi kita semua. Sebelumnya, saya ucapkan terima kasih kepada rekan-rekan yang telah berkenan menghadiri acara ini. Suatu kehormatan bagi kami dapat berbagi sesuatu untuk saudara-saudara serta Madura. 
 
Salah satu wujud nyata LPPM UTM sebagai salah Satu penyokong kemajuan dan pelestarian budaya Madura, dengan menyelenggarakan Apol- Kompol Sataretanan yang diisi dengan Launching Pojok Madura, Seminar Nasional Budaya Madura IV dan bedah buku karya Prof. Mien Ahmad Rifai dengan judul “Lintasan Sejarah Madura”
 
Adanya Launching Pojok Madura diharapkan menjadi pusat Penelitian dan Referensi tentang Madura yang berpusat  di LPPM UTM.
Rangkaian acara yang kedua dari Apol- Kompol Sataretanan yaitu Seminar Nasional Budaya Madura IV dengan tema “ Peluang dan Tantangan Sosial, Ekonomi dan Budaya di Madura”. 
 
Pada kesempatan kali ini LPPM UTM menghadirkan, Prof. Abdul Hadi W.M. untuk berbicara tentang sastra madura. Beliau adalah salah satu sastrawan, budayawan dan ahli filsafat Indonesia. Ia dikenal melalui karya -karyanya yang bernafaskan sufistik, penelitian dalam bidang kesusastraan melayu Nusantara dan pandangannya tentang Islam dan Pluralisme.
 
Pembicara selanjutnya diisi oleh Prof. Iwan Triyuwono, SE. Ak M.ec.,Ph.D yang membahas tentang peluang,Tantangan Ekonomi Madura. Beliau adalah salah satu putra Madura yang menjadi Guru Besar di Universitas Brawijaya Malang.
 
Pembicara selanjutnya diisi oleh Dr, Abdul Latif Bustomi. Beliau adalah salah satu tim ahli warisan budaya takbenda Indonesia tahun 2016 bidang Upacara dan situs tradisional. yang akan membahas tentang budaya madura.
 
Rangkaian acara yang ketiga dari Apol- Kompol Sataretanan bedah buku karya Prof. Mien Ahmad Rifai dengan judul “Lintasan Sejarah Madura” yang akan dibahas oleh Dr. Mutmainnah, S.sos., M.si beliau adalah salah satu dosen dari Fakultas Ilmu Sosial dan Budaya UTM. 
Dalam kegiatan Apol- Kompol Sataretanan yang diselenggarakan oleh LPPM UTM dihadiri oleh mahasiswa dari Universitas dan Sekolah Tinggi yang ada di Madura, Komunitas Seni, Komunitas Guru Bahasa Madura serta pemerhati budaya madura. 
 
DOWNLOAD MATERI: