Detail Content

Tugas Pokok, Fungsi dan Layanan

Universitas Trunojoyo Madura (UNIJOYO) merupakan universitas negeri pertama dan satu – satunya di Madura.  Status negeri mendorong UNIJOYO untuk terus berbenah dengan merenovasi dan melengkapi segala fasilitas yang mendukung kelancaran kegiatan akademik, agar lulusannya dapat bersaing dengan sarjana dari perguruan tinggi negeri lain.  Penambahan staf pengajar baru terus dilakukan sesuai kebutuhan, potensi sumber daya manusia ini tidak hanya melaksanakan kegiatan mengajar.  Sesuai dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi, selain Pendidikan tugas lain adalah Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat.
LPPM sebagai pelaksana Rektor dibidang Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat sesuai dengan tugas pokoknya yaitu melaksanakan, mengkoordinasi, memonitoring dan mengevaluasi semua kegiatan Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat dilingkungan Universitas Trunojoyo.
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM), merupakan sarana yang dapat mengkoordinasi dan menjembatani, transformasi teknologi hasil penelitian dari perguruan tinggi kepada masyarakat.  Pengalaman selama bertahun – tahun ketika masih sebagai Universitas Bangkalan, serta keberhasilan dalam transformasi teknologi kepada masyarakat telah membuktikan betapa besar peran LPPM.
Peran LPPM terhadap pengembangan Universitas sangat besar artinya baik dalam bentuk temuan-temuan baru dibidang sain dan teknologi, humaniora dan bidang-bidang ilmu lainnya, sehingga sumbangan LPPM diharapkan dapat memberikan sumbangan yang berarti didalam membangun kampus sebagai masyarakat ilmiah dan pembangunan masyarakat pada umumya.

Tugas Pokok dan Fungsi

Tugas pokok

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Trunojoyo Mempunyai tugas pokok melaksanakan, mengkoordinasikan, memantau dan menilai pelaksanaan kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang diselenggarakan oleh Pusat Penelitian dan Pusat Pengabdian kepada Masyarakat, ikut mengusahakan serta mengendalikan administrasi sumberdaya yang diperlukan.

Fungsi

Dalam penyelenggaraan tugas pokok tersebut, Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Trunojoyo mempunyai fungsi  :
  1. Melaksanakan penelitian ilmiah murni
  2. Melaksanakan penelitian ilmu pengetahuan, teknologi dan/atau kesenian untuk menunjang pembangunan
  3. Melaksanakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat untuk pendidikan dan pengembangan institusi
  4. Melaksanakan penelitian ilmu pengetahuan, teknologi dan/atau kesenian, serta penelitian untuk mengembangkan konsepsi pembangunan nasional, wilayah dan/atau daerah melalui kerjasama antar perguruan tinggi dan/atau badan lain baik di dalam maupun dengan luar negeri.
  5. Melaksanakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat untuk menciptakan inovasi dan pengembangan IPTEK serta penyelesaian berbagai masalah akademik maupun masyarakat.
  6. Melaksanakan kegiatan dalam bentuk pendidikan kepada masyarakat, pelayanan kepada masyarakat, pengembangan wilayah, kaji tindak (action research), dan  Kuliah Kerja Nyata (KKN).
  7. Melaksanakan urusan tata usaha lembaga.

Layanan

Layanan Masyarakat

  1. Kerjasama penelitian, pengabdian dan pemberdayaan masyarakat dan penerapan IPTEKS dalam bidang sains, teknologi, hukum, ekonomi, pertanian, kelautan dan perikanan, teknik dan elektronika, sosial dan budaya, IT serta bidang-bidang lainnya sesuai dengan kebutuhan/ permintaan dari calon mitra kerja.
  2. Penyediaan jasa konsultasi penelitian, pengabdian dan pemberdayaan masyarakat dan penerapan IPTEKS sesuai kebutuhan calon mitra kerja.
  3. Penyediaan jasa pengelolaan proyek penelitian, pengabdian dan pemberdayaan masyarakat dan penerapan IPTEKS.
  4. Pembinaan dan pemberdayaan Usaha Kecil dan Menengah (UKM).
  5. Pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura.

Pelatihan, Seminar dan Workshop

  1. Penyusunan proposal penelitian dan pengabdian masyarakat untuk berbagai bidang keilmuan.
  2. Penulisan artikel ilmiah untuk dipublikasikan dalam jurnal dalam/ luar negeri.
  3. Penerapan IPTEKS yang berdayaguna untuk masyarakat.
  4. Pemberdayaan ekonomi masyarakat
  5. Penjaminan mutu penelitian (research quality assurance).
  6. Diklat dan Pengembangan serta kebijakan publik.