Bahas Implemantasi Hilirisasi Inovasi Pertanian, LPPM UTM Laksanakan Benchmarking ke PIAT UGM

Dokumentasi: Kunjungan Tim Pusat Penelitian dan Inovasi Pangan ke Pusat Inovasi Agroteknologi (PIAT) Universitas Gadjah Mada

Yogyakarta, 29 September 2023. Perubahan status Universitas Trunojoyo Madura dari Satker ke BLU memerlukan transformasi tata kelola, salah satunya bidang hilirisasi inovasi pangan (general pertanian).

Syaiful Khoiri, selaku ketua rombangan sekaligus Koordinator Pusat Penelitian dan Inovasi Pangan, menyampaikan bahwa UTM perlu segera merancang dan mengimplementasikan sistem dan tata kelola terutama dalam hilirisasi inovasi guna mempercepat kemandirian perguruan tinggi.
Tujuan kunjungan ini antara lain: menginisiasi kerjasama bidang penelitian dan inovasi pangan, mengetahui sistem pengelolaan inovasi dan hilirisasi pangan, serta peran unit inovasi bagi perguruan tinggi.


PIAT UGM mensupport Tri Dharma dan mendukung sumber pendapatan perguruan tinggi. PIAT dipimpin oleh kepala dibantu oleh koodinator-koordinator unit dalam pelaksanaan aktivitas. Program PIAT digolongkan ke dalam 2 kelompok, yaitu: commodity based dan activity based.


Commodity based antara lain produksi benih unggul, pupuk organik, susu, dan ikan. Sedangkan Activity based antara lain merancang master plan pertanian, melaksanakan mandat IKU PTN, mengembangkan dan memasarkan produk. PIAT UGM memberikan kontribusi pendapatan UGM mencapai 1 Miliyar rupiah per tahun.


Tata kelola PIAT UGM dapat diadopsi oleh UTM sebagai unit pendukung pendapatan perguruan tinggi non pendidikan.


“Implementasi di UTM pada bidang pangan, antara lain: dalam mengolah limbah organik kampus menjadi kompos, produksi benih jagung, inovasi pangan dari sumber daya Madura, sertifikasi profesi pertanian, mengembangkan unit pengelolaan pertanian terpadu, serta prospek lainnya”, tutup Syaiful.

Categories: Berita, LPPM, Penelitian

Leave a Reply

Your email address will not be published.