Tingkatkan Pengelolaan Jurnal UTM, Semua Editor In Chief Jurnal di Lingkungan UTM adakan FGD

Implementasi Badan Layanan Umum (BLU) di Universita Trunojoyo Madura akan dimulai pada tahun 2024: Pada tahun ini, Universitas Trunojoyo Madura (UTM) akan mengimplementasikan Badan Layanan Umum (BLU) sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas layanan dan kesejahteraan di UTM dan salah satunya dalam pengelolaan jurnal.

Inventaris dan identifikasi income generating adalah Salah satu langkah penting dalam pengelolaan jurnal di UTM sebagai identifikasi sumber pendapatan. Dengan demikian, UTM dapat mengoptimalkan potensi penghasilan terkait publikasi ilmiah.

UTM memiliki potensi terkait publikasi ilmiah: Dalam diskusi ini, ditekankan bahwa UTM memiliki potensi besar dalam hal publikasi ilmiah. Namun, langkah-langkah strategis yang tepat perlu diambil untuk mengoptimalkannya. “Prinsip BLU adalah Peningkatan kualitas layanan dan kesejahteraan adalah prinsip utama yang harus dipegang dalam pengelolaan jurnal di UTM. Dengan menerapkan prinsip ini, diharapkan ada peningkatan yang signifikan dalam pengelolaan jurnal di UTM”, kata Ahmad Amzeri Wakil Rektor Bidang Akadmik UTM.

Saat ini, UTM memiliki total 57 jurnal, di mana 26 di antaranya telah terakreditasi. Penelitian hibah telah dilakukan sejak tahun 2018 Sejak tahun 2018, UTM telah melakukan penelitian hibah sebagai langkah awal dalam mendukung pengelolaan jurnal.

Sampai tahun ini dalam pengelolaan jurnal dan artikel yang dipublikasikan di UTM tidak berbayar. Hal ini merupakan bentuk komitmen UTM untuk mendukung penyebaran pengetahuan secara luas.

Kedepannya UTM menyediakan Co-Working Space di Gedung Graha Utama Lantai 2 untuk para pengelola jurnal dalam berkolaborasi dan berdiskusi.

Setiap fakultas harus memiliki penanggung jawab masing-masing: Dalam pengelolaan jurnal, setiap fakultas di UTM harus memiliki penanggung jawab yang bertanggung jawab atas jurnal pada fakultas masing-masing.

UTM telah menciptakan sistem informasi khusus untuk pengelolaan jurnal. Hal ini mempermudah pengelolaan dan pelacakan proses publikasi. Sebagai bagian dari pengelolaan jurnal, UTM memberikan dukungan anggaran untuk memastikan berjalannya proses pengelolaan jurnal dengan baik.

Dalam diskusi ini, ditegaskan bahwa ada beberapa jurnal di UTM yang telah terakreditasi, namun masih ada beberapa yang belum. Dalam perjalanan menuju BLU, UTM memiliki target untuk menjadi Badan Layanan Umum. Hal ini merupakan langkah penting dalam peningkatan pelayanan dan kesejahteraan di UTM.

Ditekankan bahwa mengelola jurnal bukanlah pekerjaan sampingan, melainkan harus menjadi fokus utama. Sehingga para peserta diminta untuk memberikan masukan dan aspirasi terkait langkah-langkah yang harus diambil dalam pengelolaan jurnal di UTM.

Dalam pengelolaan jurnal, masing-masing fakultas dihadapkan pada kesulitan dan kendala yang berbeda. Oleh karena itu, perlu adanya koordinasi dan kerjasama untuk mengatasi masalah ini. Dalam pengelolaan jurnal, implementasi BLU diharapkan dapat meningkatkan pelayanan dan kesejahteraan di UTM. Dalam upaya pengelolaan jurnal yang efektif, UTM telah menciptakan sistem informasi khusus. Hal ini membantu dalam pelacakan dan pengelolaan jurnal dengan lebih baik.

“Dalam pengelolaan jurnal, disarankan agar dosen atau tenaga kependidikan yang memiliki komitmen untuk bergabung dalam tim pengelola jurnal. Hal ini penting untuk memastikan kesinambungan dan kualitas pengelolaan jurnal”, imbuh ketua LPPM.

Categories: Berita, LPPM
Tagged: ,

Leave a Reply

Your email address will not be published.